Pages

Kamis, 05 Mei 2011

Bunga Telang (Butterfly pea flower aka Clittorea Ternatea)

Morfologi dan pembudidayaan Bunga Telang




Clitoria Ternatea merupakan keluarga Fabaceae, biasa disebut sebagai Blue Pea Flower atau Bunga Telang. Bunga telang merupakan tumbuhan merambat, tumbuhan ini biasa ditemukan di pekarangan rumah, tepi hutan, atau pinggiran sawah. Tingginya dapat mencapai 6 m, rantingnya halus, dan berjenis daun majemuk. Cara pembudidayaan tanaman ini adalah dengan menggunakan biji nya. Biji yang dapat ditanam adalah biji yang berwarna coklat/ hitam yang menandakan biji tersebut sudah tua dan siap tanam, cara menanamnya cukup ditebar di atas tanah atau polibag plastik, biji ini mulai berkecambah setelah 2-3 hari ditanam dan akan tumbuh memanjang setelah 3-6 hari ditanam. Tanaman ini tumbuh baik pada suhu lingkungan yang panas dan lembab, dan tidak membutuhkan perawatan khusus karena pada dasarnya tanaman ini adalah tanaman perdu (liar). Biji akan mulai keluar setelah 4-6 minggu masa penanaman. Bentuk selongsong benih seperti kacang kapri dengan panjang 5-12 cm, dalam satu selongsong benih dapat berisi 5-10 biji. setelah matang akan berwarna kecoklatan dan merekah (Hean Chooi Ong,2006)
Bunga Telang selama ini dimanfaatkan sebagai obat tradisional (mata, jerawat, melancarkan pencernaan), minuman braintonik, dan pewarna pada makanan. Namun sejauh ini pemanfaatannya masih menggunakan cara tradisional yakni dengan perebusan/ penyiraman air panas untuk mengambil ekstraknya.


Tabel 2.1 Kandungan Biokimia dalam Bunga Telang


Tabel 2.2. Morfologi dan Kandungan Biokimia dalam Clitoria ternatea


(Sumber : Kalamani dan Michael Gomez, 2003)

Pigmen pada bunga secara garis besar dibedakan menjadi tiga yaitu flavanoids, carotenoids, dan betalains (Tanaka et al. 2005).

2.1.2 Manfaat Bunga Telang
Bunga telang diduga berkhasiat sebagai tonikum otak yang sangat baik dan berguna untuk mengatasi infeksi mata dan tenggorokan, penyakit kulit, gangguan urinaria, sariawan mulut atau ulcer dan keperluan anti racun (Malabodi dan Nataraja, 2001)

Kacang bunga telang telah dipercayai turun temurun berkhasiat untuk melebatkan dan menghitamkan rambut. Kacang bunga telang juga dapat mengilatkan rambut dan menyuburkan kulit kepala. Rebusan akar bunga telang bermanfaat untuk bersih darah, obat kepikunan, laksatif, diuretik dan perangsang muntah. Efek smaping pemakaiannya kolik (keram perut), sedangkan efek over dsoisnya adalah turunnya kesadaran disertai kesadaran disertai rasa gelisah dan kehilangan daya ingat (Malabodi dan Nataraja, 2001).
Daunnya dapat dimakan sebagai lalap maupun pakan ruminangsia, tumbukan daunnya bermanfaat untuk mempercepat pematangan bisul, bermanfaat sebagai obat batuk jika diformulasikan dengan bawang merah dan adas pulosari (Herman 2005).
Bunganya yang berwarna biru dapat digunakan untuk pewarna makanan. Bunganya direndam dalam air panas dan diminum seperti teh untuk mengurangi sakit akibat ulcer mulut dan perawatan insomnia. Menurut (Herman 2005) air rendaman bunganya dapat digunakan untuk obat tetes mata pada penderita konjungtivitis.

Kadar senyawa aktif mahkota bunga telang galur liar (Kazuma et al 2003)


...Nah, ini cuplikan penelitian saya sekarang. Lagi berpusing2 ria ngumpulin sumber bunga di semarang. Ada yang tau ga dimana bisa nemuin bunga /pohon bunga ini di Semarang dan sekitarnya??? Need urgently..

5 komentar:

  1. mbak..akhirnya dapat bunga telang dimana??

    BalasHapus
  2. Kami menyediakan berbagai macam kebutuhan anda mengenai kembang Teleng /Bunga Teleng
    1. Bibit benih (Biji) yang dikemas dan berisi : 100 biji, 200 biji dan 500 biji atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda.
    2. Bunga Teleng kondisi segar (baru dipetik dari pohon) dalam kemasan berisi 75 bunga, 100 bunga, dan 200 bunga, atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda.
    3. Bunga Teleng yang sudah dikeringkan dalam kemasan, berisi 200 bunga kering, 400 bunga kering, dan 500 bunga kering, atau lebih banyak lagi sesuai permintaan/kebutuhan anda.
    4. Bibit pohon kembang teleng yang belum berbunga, usia pohon antara 2 - 3 bulan dengan ketinggian 15 cm- 30 cm
    5. Pohon Kembang Teleng yang sudah berbunga dan bunga bisa langsung anda petik sendiri.
    Silahkan bagi yang berminat dan ingin segera memiliki, hubungi kami melalui telepon/SMS ke nomor :
    081384824904
    BB :
    KC Nursery
    Christo

    DAPATKAN BERBAGAI MACAM KHASIAT DAN KEGUNAAN KEMBANG TELENG DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI ANDA....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini alamatnya dmna ya, sya mau cari bunga telang segar

      Hapus
  3. Tersedia Bunga Teleng Kering
    Kemasan isi 220 bunga
    Kunjungi atau hubungi kami :

    0MAH COLOMADU
    Fransiska Anni
    081548649707
    Perum Cempaka Asri I
    Banukan Colomadu
    Karanganyar

    Dekat dari Kartosuro
    Dekat ke perempatan Colomadu

    BalasHapus
  4. Jelang Ramadhan dan dibulan Ramadhan ini
    Kami KC Nurseries Bogor, memberikan tambahan bagi anda yang memerlukan berbagai macam kebutuhan mengenai kembang Teleng /Bunga Teleng
    1. Bibit benih (Biji) yang dikemas dan berisi : 100 biji, 200 biji dan 500 biji atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda, akan kami tambahkan sampai 25% dari kebutuhan biji yang anda pesan
    2. Bunga Teleng kondisi segar (baru dipetik dari pohon) dalam kemasan berisi 200 bunga, 400 bunga, dan 500 bunga, atau lebih banyak lagi sesuai dengan permintaan/kebutuhan anda. Dan akan kami tambahkan 15% bunga dari yang anda pesan.
    3. Bunga Teleng yang sudah dikeringkan dalam kemasan, berisi 200 bunga kering, 400 bunga kering, dan 500 bunga kering, atau lebih banyak lagi sesuai permintaan/kebutuhan anda. Serta kami tambahkan 15% bunga kerig dari yang anda pesan.
    4. Bibit pohon kembang teleng yang belum berbunga, usia pohon antara 2 - 3 bulan dengan ketinggian 20 cm- 30 cm ( maaf saat ini stock terbatas.....)
    5. Pohon Kembang Teleng yang sudah berbunga antara 1 – 4 bunga dan bunganya bisa langsung anda petik sendiri.
    June 3, 2015 at 10:30 AM

    BalasHapus